Beberapa Hal Yang Perlu Di 'Perhatikan' Pasa Saat Berpuasa

Fun Spot News -  Beberapa Hal Yang Perlu Di 'Perhatikan' Pasa Saat Berpuasa ,  Bagi umat muslim, Puasa menjadi momentum yang paling ...

Fun Spot News - Beberapa Hal Yang Perlu Di 'Perhatikan' Pasa Saat BerpuasaBagi umat muslim, Puasa menjadi momentum yang paling ditunggu tiap tahunnya. Dan, besok, Kamis (18/6) tepatnya 1 Ramadhan 1436 H umat muslim di dunia mulai menjalankan ibadah puasa.

Nah, ternyata banyak sekali mitos-mitos yang beredar seputar puasa di kultur dan budaya masyarakat Indonesia. Selain tak berdasar, mitos tersebut telah ada sekian lama dan sebagian menjadi keyakinan masyarakat Indoneesia.

Nah, berikut beberapa mitos seputar puasa, yang pastinya sering kita dengar dan kita alami.

Menangis
Banyak masyarayat pada umumnya masih percaya dengan mitos yang satu ini. Padahal tidak ada hukumnya dalam Al-quran dan Al-hadist bahwa menangis itu dapat membatalkan puasa. 

Sikat gigi / berkumur
Banyak juga mitos yangberdasarkan pemikiran bahwa berkumur dan sikat gigi saat berpuasa itu tidak diperbolehkan. Lagi-lagi keduanya tak mengacu pada Al Qur'an dan Hadist, karena aktivitas keduanya itu hanya untuk menangkal bau tak sedap pada mulut. Karena sesungguhnya saat berpuasa Nabi Muhammad SAW juga melakukan kumur-kumur ketika berwudhu.

Disuntik
Ini juga kerap beredar di masyarakat kita, ketika melakukan suntik untuk menghindari penyakit tertentu. Walau hukumnya Mubah (diperbolehkan tapi sebaiknya jangan), namun melakukan suntik tak dapat membatalkan puasa.

Obat tetes mata
Untuk kesehatan, tak sedikit yang menggunakan obat tetes mata untuk kesegaran mata. banyak mitos yang beredar bahwa hal tersebut dilarang karena membatalkan puasa. Namun tak ada hukum dalam Al Quran dan Hadist yang mengatakan kalau aktivitas tersebut membatalkan puasa.

Donor darah
Begitu juga dengan donor darah, tidak ada hukum yang melarang untuk melakukan kegiatan donor darah saat berpuasa. Asalkan kondisi sedang fit dan kuat. Jangan sampai pendonoran darah mengakibatkan sakit hingga membatalkan puasa.

Kentut di dalam air
Masih banyak yang rancu dengan hal ini, sebagian mitos juga mengatakan kalau kentut didalam air membatalkan puasa. Namun perlu diperhatikan, dalam proses pengeluaran kentut yang terjadi adalah mengeluarkan gas bukan menyerap. Jadi?

Muntah atau mimpi basah
Banyak mitos yang mengatakan kalau 2 aktivitas ini akan membatalkan puasa, tapi Rasulullah Saw bersabda: ”Tidak batal orang yang muntah, yang mimpi mengeluarkan sperma dan berbekam (diambil darahnya)," ( HR. Abu Daud no. 2376 dan HR. Tirmidzi no. 720 ).

Nah, jelas kan, banyak sekali mitos yang beredar seputar puasa yang sebetulnya tak berdasar. Semoga kita dapat menjalankan puasa dengan baik tanpa keragu-raguan

Baca Juga Artikel :

Related

Fun Spot 2061279345134187653

Post a Comment

emo-but-icon

Terjemahan

Top All Time

Top Weak

Blog Archive

item